Apa itu pendidikan Masyarakat ??

Apa kalian tahu apa itu Pendidikan Masyarakat ? Hmmm maksudnya gimana ya?

Pasti banyak dari kalian yang masih bingung apa itu Pendidikan Masyarakat dan beberapa dari kalian mungkin salah mengira mengenai pendidikan masyarakat.

Yuk kita simak apa itu Pendidikan Masyarakat!!
Pendidikan masyarakat adalah nama program studi yang ada di Indonesia. Program studi ini merupakan formasi dari pendidikan luar sekolah yang mulai berubah beberapa tahun belakangan uni. Perlu diketahui juga bahwa dibeberapa perguruan tinggi nama pendidikan luar sekolah berubah menjadi pendidikan non-formal sesuai dengan keputusan perguruan tinggi berkaitan. Dan di Universitas Siliwangi, jurusan Pendidikan Luar Sekolah berubah menjadi jurusan Pendidikan Masyarakat, dan berada di lingkup Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).
Kalau jurusan lain seperti matematika,ekonomi, geografi dan lain² sasaran utama nya tentu siswa di pendidikan Formal. Berbeda halnya dengan Pendidikan Masyarakat yang sasaran utamanya merupakan warga belajar pendidikan Non-formal, Masyarakat dalam naungan suatu lembaga, dan lain-lain.
Pendidikan Masyarakat diartikan sebagai layanan pendidikan yang diperuntukan bagi masyarakat tanpa melihat perbedaan tingkat pendidikan, usia, status sosial, ekonomi, agama, suku dan kondisi mental fisiknya, yang mempunyai keinginan untuk menambah dan atau meningkatkan kompetensi untuk meningkatkan kesejahteraan hidupnya.
Adapun objek penelitian dari jurusan pendidikan Masyarakat yaitu:
  1. Kursus dan Pelatihan Keterampilan
  2. Pemberdayaan Perempuan
  3. Pramuka Ekstrakulikuler
  4. Outbound Pengembangan SDM
  5. Sekolah Alam
  6. Taman Bacaan Masyarakat
  7. Pendampingan Anak Jalanan
  8. BP-PAUDNI BPKB /SKB/PKBM
  9. Pendidikan Keluarga Parenting
  10. Keaksaraan Fungsional
  11. Home schooling
  12. Bimbingan Belajar
  13. Pendidikan Kesetaraan Paket A,B dan C
  14. Majelis Ta’lim
  15. PAUD/TK/Play group/Kober/TPA, dan lain-lain.
Ada banyak bukan? Tentu saja. Oleh karena itu, untuk dapat mengetahui lebih dalam mengenai pendidikan masyarakat tentu dibutuhkan pendalaman pembelajaran dalam memahami dengan jelas tujuan dan manfaat jurusan ini.
Dalam UU Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas), Pasal 26 ayat (1) dijelaskan bahwa “Pendidikan non formal diselenggarakan bagi warga masyarakat yang memerlukan layanan pendidikan yang berfungsi sebagai pengganti, penambah, dan/atau pelengkap pendidikan formal dalam rangka mendukung pendidikan sepanjang hayat.”
Pada ayat (2) dijelaskan, “Pendidikan non formal berfungsi mengembangkan potensi peserta didik dengan penekanan pada penguasaan pengetahuan dan keterampilan fungsional serta pengembangan sikap dan kepribadian profesional.”[3] Sementara di ayat (3), disebutkan bahwa, “Pendidikan non formal meliputi pendidikan kecakapan hidup, pendidikan anak usia dini, pendidikan kepemudaan, pendidikan pemberdayaan perempuan, pendidikan keaksaraan, pendidikan keterampilan dan pelatihan kerja, pendidikan kesetaraan, serta pendidikan lain yang ditujukan untuk mengembangkan kemampuan peserta didik.”

Bagaimana sekarang??? Sudah mulai mengetahui gambaran umum dari pendidikan masyarakat?
Terus ikuti website ini untuk mengetahui lebih banyak mengenai informasi Pendidikan Masyarakat di Universitas Siliwangi dengan segala aktivitas didalamnya.


Comments

Post a Comment

Tinggalkan komentar anda disini sebagai tanda bahwa anda telah berkunjung. Terimakasih

Popular Posts