Apa itu PKBM???


Dalam sistem pendidikan nasional Indonesia, kita mengenal yang namanya pendidikan formal, nonformal dan Informal. Karena kali ini pembahasannya mengenai PKBM, jadi langsung aja ke pembahasannya.
Kalian tahu gak sih apa kepanjangan dari PKBM? yap bener banget, kepanjangan dari PKBM adalah “Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat”. PKBM merupakan lembaga pendidikan nonformal yang dibangun oleh masyarakat. Sebagai “pusat” PKBM dapat mencakup berbagai kegiatan yang melibatkan masyarakat dalam dunia pendidikan, diantaranya :
  1. Paket A,B dan C (setara dengan tingkat pendidikan SD,SMP dan SMA pada jalur pendidikan formal)
  2.  Taman Bacaan Masyarakat (TBM)
  3. PAUD/kober/RA
  4. Keaksaraan Fungsional
  5. Kelompok Belajar Usaha (KBU)
  6. Dll

Pokoknya banyak deh kegiatan yang diselenggarakan di PKBM ini, so buat kalian yang beranggapan bahwa di PKBM itu cuma ada Program Kesetaraan (Paket A,B dan C) you are wrong guys karena di PKBM banyak banget program yang bisa diselenggarakan.
Kalau di pendidikan formal, pendidikan yang diselenggarakan pada pelaksanaanya terikat aturan-aturan tertentu, pada pendidikan nonformal cenderung fleksible. Misalnya masalah usia, di formal ada batasan usia seseorang dapat menempuh pendidikan formal, sementara di PKBM usia bukan sebuah masalah, ada yang memang masih usia sekolah ada juga yang sudah melebihi usia sekolah, dari mulai anak-anak sampai lanjut usia bisa mendapatkan pendidikan di PKBM ini.
Karena langsung berhubungan dengan masyarakat otomatis pembekalan pendidikan di PKBM jauh lebih berkaitan langsung dengan kehidupan bermasyarakat. misalnya ada pembekalan life skill bagi setiap warga belajar yang mengikuti pembelajaran kesetaraan paket A.B dan C, sehigga warga belajar lebih siap dalam menghadapi kehidupan bermasyarakat.
Intinya tujuan dari adanya PKBM ini bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan masyarkat mengenai pendidikan tetapi juga memberikan keterampilan kepada masyarakat serta membekali sikap mental yang dipelukan untuk pengembangan diri. Yang menjadi sasaran dari PKBM rata-rata adalah bagi orang yang kurang mampu khususnya dari segi ekonomi, yang mana faktor ekonomi seringkali menjadi faktor yang merajai munculnya permasalahan-permasalahan hidup di masyarakat. Oleh karena itu, PKBM juga merupakan bentuk upaya pembangunan masyarakat dari bidang pendidikan, menjadi pendamping/pengganti/pelengkap dari pendidikan formal.

Comments

Popular Posts