Tips and trik menghindari penipuan (Yang Nipu ditipu)




Hallo Readers!! Kembali lagi di Aisyah edutainment.
Mungkin, ini sudah gak asing lagi di telinga readers semuanya, penipuan lewat telpon sudah sering terjadi beberapa tahun belakangan ini. Baik itu berupa telepon maupun SMS, banyak no baru muncul ke no SIM card kita padahal kita gak sembarangan bagi-bagikan no SIM card ya kan??
Ada beberapa contoh penipuan lewat no telepon yang marak terjadi di sekitar kita. Dan ini bisa jadi merugikan kita loh, seringkali mereka juga mengincar ATM yang kita miliki. Bagi yang isi ATM nya gendut ini sangat penting untuk diwaspadai ya.
Saya sudah beberapa kali mendapat telepon atau SMS yang sumber nya adalah dari para penipu ini (entah mungkin no saya sudah masuk ke deretan daftar calon pengguna SIM card yang bisa ditipu) ya apalah alasannya saya tidak tahu.
Sebelum membahas tips and trik menghindari telepon penipuan saya akan membahas mengenai modus yang digunakan pelaku penipuan berdasarkan apa yang telah saya alami dan pengalaman beberapa teman yang juga jadi sasaran penipuan.

1. Keluarga kita ditangkap polisi dan hal lain yang bisa terjadi dijalanan lalu mereka meminta uang sebagai tebusan atau jaminan.
Beberapa waktu yang lalu pada dini hari sekitar jam 3 saya mendapat Telepon dari seseorang, yah namanya juga setengah sadar dan suara telepon yang memaksa saya untuk bangun diangkatlah telepon itu, dan dari seberang telepon tiba-tiba seseorang berkata " hallo,, ditangkap polisi, dijalan..." Ya kurang lebih seperti itulah kata-katanya. Seketika saya bingung, suara yang tidak saya kenal tapi minta bantuan saya. Untungnya saat itu saya langsung sadar bahwa memang ini penipuan, jadi sifat jail saya muncul dan dilayani lah teleponnya dan saya tipu kembali sang penipu.. hari itu saya jadi "drama Queen" rasanya. Saya mengarang cerita dan memberi informasi yang tidak sesuai fakta. Kala itu sang penipu menyebutkan bahwa seseorang telah ditangkapnya dan ditemukan barang bukti, tapi berdasarkan pengakuan seseorang itu tidak bersalah, ia hanya dijebak. Sang polisi gadungan ini memberi pilihan mau dibawa ke meja hijau atau diselesaikan dengan kekeluargaan dan alhasil meminta jaminan sebesar 500 JT. Tak lupa untuk meyakinkan calon korban penipu ini membunyikan sirine untuk meyakinkan saya. Tapi ya dia iya iya aja saya bohongin... hahahaha
Peran saya saat itu adalah sebagai ibu-ibu dan seseorang yg ditangkap itu adalah anak saya (padahal saya sendiri belum menikah apalagi punya anak) hahahaha. Minta uang 500 jt, ya kali anak kost punya uang segitu banyaknya.
Hampir satu jam berbicara si penipu gak dapet apa-apa malah dapet kesel aja.

2. Mendapatkan hadiah sebesar 2jt dari GO-Jek dan aplikasi lainnya
Kejadiannya baru saja tadi malam terjadi, sekitar jam 10 malam saya ditelpon dan lagi-lagi saya angkat dan tipu kembali, hingga akhirnya kami beradu argument dan dia menyerah... hahaha cape kali ya gak ada hasil padahal udah ngehabisin waktu plus pulsa aja.
Mungkin mereka ngira saldo go-pay saya gede kali ya.. padahal cuma 2000 doang jadi gak bisa ambil uang saya hingga akhirnya mereka beralih ke aplikasi lain seperti toko pedia.

3. Minta Isiin pulsa
Ya yang satu ini sudah sering sekali terjadi, ngakunya bisa teman, keluarga bahkan yang terbaru di kalangan mahasiswa dia ngaku sebagai dosen. Sebagai mahasiswa yang jarang dihubungi dosen terlalu aneh rasanya ketika dosen meminta bantuan kita ya..
Waktunya mereka beraksi bisa kapan saja jadi waspada itu perlu ya
Dan mungkin masih banyak modus lain yang digunakan untuk mendapat keuntungan dan merugikan kita para pengguna.


Berikut Tips and trik menghindari penipuan dari Aisyah Edutainment!!!!
1. Pastikan Sadar
Maksudnya ketika kamu mendapatkan telepon atau SMS pastikan kamu dalam keadaan benar-benar menyadari apa yang kamu lakukan, jangan dalam keadaan terburu-buru, berada dalam tekanan, khawatir atau hal lain yang dapat mengganggu konsentrasi anda.

2. Punya Informasi yang cukup
Sekarang kita sudah dizaman modern Readers, berbagai informasi sudah dengan mudah kita dapatkan. Untuk dapat terhindar dari penipuan kamu harus punya informasi yang cukup, misal mengetahui modus-modus penipuan, ciri-ciri penipuan dan hal lain yang dapat menghindarkan kamu dari sang penipu.


3. Teliti/Jeli (Jangan mudah tergiur)
Dalam modus yang digunakan seperti mendapat hadiah, coba deh kamu pikir dan teliti terlebih dahulu sebelum mempercayainya. Misal , kamu gak ikut kuis apa-apa, kalau itu dari apk online shop atau aplikasi yang melibatkan e-commerce bukankah biasanya informasi akan kita dapatkan langsung dari aplikasinya bukan malah ditelepon dari no biasa, bukan no kantor dll. Kalau modusnya berkaitan dengan keluarga, cek apakah hal itu benar-benar terjadi, jangan dulu terbawa suasana (alias kalian harus tetap tenang) jangan terburu-buru mentransfer atau mengikuti suruhan mereka tanpa kita tahu tujuannya apa.

4. Jangan angkat teleponnya ketika kita sudah menyadari bahwa itu penipuan. Karena nantinya dia akan cape juga, dan berhenti menelpon atau mengirim pesan.

Kalau kalian tanya saya kenapa saya tetap mengangkat telepon walau sudah sadar itu telepon penipuan jawabannya yaitu:
  1. Kurang kerjaan (biasanya lagi santai atau istirahat dari tugas untuk mencari ketenangan atau kebahagiaan walau sesaat) hahaha
  2. Jail/Usil ( kalian juga kesel kan kalau sama penipu, nah biar dia kapok atau bisa jadi menahan supaya gak ada yg tertipu diwaktu yang sama saya akhirnya suka kalau Nipu mereka seperti mereka menipu korbannya) ..............haha, pokoknya gitulah
Mau be that's all for tonight Readers. Sampai berjumpa di postingan berikutnya.
Ingat kata bang napi! "Kejahatan bukan hanya terjadi karena ada niat dari pelaku, tapi juga karena ada kesempatan" waspadalah!!! Waspadalah!!! Waspadalah!!

Video berisi percakapan saya dengan pelaku penipuan cooming soon on my YouTube channel ya.

Comments

Popular Posts