Tips and Trik Sukses Observasi

 

Hallo Readers, kembali lagi di Aisyah Edutainment. Sekarang kita akan membahas mengenai tips and trik mengenai Observasi.

Yang harus diketahui lagi dari Pendidikan Masyarakat Universitas Siliwangi kita sebagai mahasiswa seringkali dihadapkan pada tugas observasi. Khususnya observasi ke lembaga-lembaga Non-formal yang ada di sekitar Unsil.
Yuk Kita simak tips and trik sukses observasi ala Aisyah Edutainment.
Here we go!!

1. Tentukan lembaga atau sasaran yang akan di observasi.
Readers! yang pasti,kalau mau observasi kita harus tentukan sasaran seperti apa yang kita akan observasi. Jadi, nantinya kita gak bingung alias jelas tujuan kita observasi. Misalnya, kita mau observasi tentang pendidikan kesetaraan yang pasti observasi nya ke PKBM.

2. Pastikan tahu tempat atau lembaga yang akan di observasi.
Setelah tahu sasarannya, pasti kita akan cari tahu tempat yang ada lembaga atau sasaran yang akan dituju, tapi sebelum pergi ketempat itu pastikan benar-benar tahu lokasinya dengan tepat. Berdasarkan pengalaman pribadi nih ya, beberapa kali saya harus nyasar dan bulak-balik ketempat yang sama hanya untuk mencari tahu suatu lokasi. Kan ada maps? Hmmm kota Tasikmalaya masih termasuk kota yang kecil, jadi maps belum tentu benar-benar akurat dan tepat juga upgrade yang akurat. Jadi ya yang bisa di percaya cuma PETA (Penduduk setempat Emang Tahu tempat  Asalnya). Untuk solusinya kita bisa tanya penduduk asli Kota Tasik atau tanya dosen yang udah tahu tempat yang ditugaskan untuk diobservasi.
3. Siapkan atau buat surat resmi
Observasi gak bisa sembarangan dong, jadi supaya lembaga mau menerima dan kita enak observasi nya harus ada surat resmi jadi kelihatan kesungguhan kita dan menunjukan bahwa kita emang mahasiswa
4. Siapkan instrumen observasi
Biar gak bingung pas observasi mau nanya apa dan mau memperoleh informasi apa, sebelum pergi ke tempat observasi siapkan dulu instrumen nya. Misalnya, pertanyaan apa saja yang mau ditanyakan, informasi apa aja yang harus diperoleh dan lain-lain.
5. Gunakan pendekatan yang tepat
Saat observasi, sasaran kita gak selalu sama, kadang harus ke orang tua, remaja, Bahakan lansia. So pastikan  menggunakan pendekatan yang tepat sesuai dengan kondisi yang ada saat observasi.

6. Datang diwaktu yang tepat.
Tentu saja kalau mau observasi berhasil, pastikan waktu yang kita pilih tepat. Maksudnya, misal kita mau observasi ke PAUD untuk melihat cara belajar anak  PAUD kita bisa datang pagi agar kita bisa melihat secara langsung apa yang ingin kita ketahui. Jangan sampai kaya saya waktu mau observasi ke PKBM datang nya pagi, dan ternyata belum buka karena rata-rata PKBM di kota Tasikmalaya bukanya siang. Jadi harus balik lagi deh, nyesek kan..haha

Nah itu dia Readers tips and trik observasi ala Aisyah Edutainment hari ini. Untuk informasi yang lebih banyak tentang pendidikan masyarakat dan hal-hal lain dari Aisyah Edutainment terus ikuti terus website ini dan nantikan update selanjutnya.

Comments

Post a Comment

Tinggalkan komentar anda disini sebagai tanda bahwa anda telah berkunjung. Terimakasih

Popular Posts